Relaktasi bagi ibu yang ingin kembali menyusui


menyusui-bisa-bikin-wanita-tetap-langsing-lho

Puskemas lagi, puskesmas lagi buibu,,, langganan puskes nih kayaknya (kalok ada pengahargaan pengunjung terajin kepuskesmas mungkin aku dapet tuh). Pulang kerja kemaren sore jadi heboh karna badan abad biltik-bintik merah dah kayak udang rebus, bunda yang satu ini kawatir donk 😦 . Kalau kata simbahnya si gapapa, itu kringet buntet aja, trus si Ayah suruh belikan ‘Pati Kanji’ atau tepung, karna dingin kalok ditempelin di badan, hihihi si Abbad jadilah seperti badut ancol karna muka ma badannya cemang-cemong pati kanji. Emang si anak bunda yang satu ini kagak bisa panas dikit deh kayaknya (nurun si Ayah ni), kalau dah di bawah AC baru dia ber leha-leha dengan senangnya, tapi karna gag ada Air Conditional di rumah ‘Angin Cendela’ pun jadi :mrgreen:

Pagi harinya gag ada perubahan juga, bintik-bintiknya masih ada, dan tambahΒ  banyak pula, kami putuskan ke puskesma dah. Jarum jam dah nunjuk ke jam 9 tuh,, weh jadilah ijin kantor dateng telat (maunya si kagak usah masuk sekalian aja πŸ˜† )

Seperti biasa puskesmas dah kayak tempat beli karcis bioskop Habibie Ainun aja,,antrinya lama bu. Karna Abbad belum diurus Akte lahirnya (ribet beda propinsi) , ya priksanya pke KTP ayah, sekarang selama KTP nya JOgja, berobat di puskesmas atau RS tertentu gretong kan.

Lama antri, akhirnya dipanggillah nama putraku. Karna hari Selasa adalah jadwal imunisasi di Puskesmas itu, sekalian deh si Abbad di njus aliyas imunisasi DPT II. Pengunjung puskesmas pada heran tuh liat si dede yang gede badannya ngelebihin bayi umur 1 tahun lebih (kali ini kagak lebay) padahal Abbad tuh baru 3mo7day 😯 . Tiba saat penimbangan berat Abbad dah 7,2kg, padahal terakhir kali penimbangan satu bulan yang lalu beratnya 6,5Kg haduduh makin bulet aja ni πŸ™„ .

Selesai sesi timbang menimbang dan ukur mengukur badan Abbad yang lagi bobo, tibalah sesi enjus-enjusan πŸ˜† , gag tega liat buah hatiku kesakitan di enjus (emaknya paling takut di suntik), tapi ini kan demi kebaikan Abbad!harus tega, tinggal sesi demamnya nih entar malem 😦 . Dah di periksa juga bintil-bintil nya Abbad, kata doter si gapapa, ntu ya emang semacem ‘kringet buntet’, syukurlah.

Liat ibu2 yang lagi netek’in anak2nya bikin aku iri 😦 ,

Why iri? kan udah punya sendiri??

Ya iri karna Abbad dah gag intens lagi ASI nya, dah disambung sama susu formula (bukan berarti anak sapi loh ya πŸ‘Ώ ) karna harus balik kerja, maaf ya sayang. Parahnya lagi dah 2 minggu ini produksi ASI nya menurun bahkan hampir mampet karna kurang rangsangan dari bayi. Awal kali dulu ku pompa ASI, waktu pertama si masih bisa produksi banyak, tapi lama-lama kok abiiiis????? wah akhirnya diputuskan buat disambung susu sapi.

Karna acara iri-iri an tadi maka bunda ini memutuskan untuk melanjutkan ASI !! , daku tanya2 ke mbah Google ternyata bisa loh, bagi yang terlanjur berhenti menyusui karna berbagai alasan, dari yang jangka waktu berhentinya baru-baru ini, 6 bulan, bahkan bertahun-tahun. Kalok pengen memberi ASI yang sudah sempet terhenti itu lah namanya Relaktasi! Mbah google membuatku lebih mantap untuk kembali ASI ke Abbad.

Ini hasil Copas dari nanya ke mbah google tentang langkah-langkah yang dapat tempuh untuk meningkatkan frekuensi menyusui bayi :mrgreen:

  • Cobalah untuk menyusui bayi setiap 2 jam sekali.
  • Biarkan bayi menyusu kapan pun, setiap kali ia terlihat berminat.
  • Sebaiknya membiarkan bayi mengisap payudara sekitar 30 menit setiap kali ia menyusu, jika dimungkinkan. Atau secara bertahap dapat ditingkatkan durasi menghisapnya tersebut, dimulai dari sekurangnya 15 menit pada saat menyusu.
  • Usahakan untuk selalu bersama bayi terutama pada malam hari ketika hormon prolaktin (penghasil ASI) sedang banyak-banyaknya dihasilkan.
  • Sebagai langkah awal harus memberikan seporsi penuh susu (formula atau Asper) sesuai dengan berat badan bayi, atau dalam jumlah yang sama seperti yang dikonsumsi sebelumnya.
  • Segera setelah ASI mulai keluar sedikit, porsi susu (formula atau ASIP) tersebut dapat dikurangi sebanyak 30-60ml dalam sehari, sampai habis.
  • Jika bayi kadang-kadang masih menyusu, pasokan ASI dapat meningkat dalam beberapa hari. Jika bayi sudah berhenti menyusu, mungkin diperlukan beberapa minggu untuk menghasilkan kembali pasokan ASI.
  • Lama berhenti menyusui dapat dijadikan tolak ukur kasar mengenai jangka waktu relatasi. Jika baru berhenti menyusui, maka dibutuhkan waktu yang tidak lama untuk menghasilkan kembali pasokan ASI. Namun, jika telah berhenti menyusui lama, mungkin akan dibutuhkan waktu yang lama pula untuk menghasilkan ASI kembali.
  • Relaktasi lebih mudah jika bayi sangat muda (kurang dari 3 bulan), daripada jika bayi berumur lebih dari 6 bulan. Namun, relaktasi dimungkinkan pada usia berapa saja.
  • Relaktasi lebih mudah jika bayi baru saja berhenti menyusu dibandingkan dengan bayi yang sudah lebih lama berhenti menyusu. Namun, relaktasi dimungkinkan kapan saja.
  • Pastikan bahwa ketika menyusui, posisi badan, posisi badan dan posisi pelekatan bayi sudah benar, nyaman dan tepat.
  • Sebaiknya mengurangi sexara bertahap pemberian makanan (susu formula) lewat botol yang menggunakan dot bayi. Gantilah dengan metode pemberian melalui cangkir, sendok, pipet ataupun dengan jari tangan. Sebaiknya tidak memberikan empeng pada bayi. Gantilah kebiasaan comfort sucking bayi pada empeng dengan comfort sucking pada payudara.
  • Jika bayi menolak mengisap payudara yang ’kosong’, dapat memberikan susu (formula atau ASIP) pada saat bayi sedang mengisap payudara dengan memeriksa secara teratur apakah bayi tidak kekurangan nutrisi. Hal itu dilakukan dengan memantau kenaikan berat badannya, yaitu sekurangnya 500gr dalam sebulan, dan frekuensi harian BAK (5-6 kali).

Sekarang Abbad dah ‘kulino’ ngenyot dari botol, dah ogah-ogahan kalok disuruh netek 😐 , tapi ini demi kebaikanmu sayang, Bunda sayang sama Abbad,, Ayo netek lagi! :mrgreen:

Iklan

2 komentar

  1. itu gambarnya yang nggak ada dedeknya nggak ada ya #mintadikeplak

    1. yang mana yang mana?? #mana yang mau dikeplak
      haha πŸ˜†

Di tunggu komennya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

PastiPanji

Panji Prabowo Weblog - Ide dan Pemikiran

Rafid Family

Everyday Is A Wonderful Life

Tokyobling's Blog

Tokyo in Photos

Timbangan Salter Dunia Timbangan

DUNIA TIMBANGAN,081280780615,081291999252,men Jual Timbangan Salter,Harga Timbangan Salter 5 Kg,10 Kg,25 Kg,50 Kg,100 Kg,Timbangan Salter,Timbangan Gantung Salter,Timbangan Salter 5 Kg,10 Kg,25 Kg,50 Kg,100 Kg,Harga Timbangan Duduk,Harga Timbangan Nagata,Harga Timbangan Analitik,Harga Timbangan Digital,Harga Timbangan Manual,Harga Timbangan Duduk Digital,Harga Timbangan Mekanik,Harga Timbangan Buah Digital,Harga Timbangan Duduk Digital,Harga Timbangan Gantung Digital,Harga Timbangan Gantung,Harga Timbangan Sapi,Harga Timbangan Laundry,Harga Timbangan,Timbangan Duduk,Timbangan Digital,Timbangan Mekanik, Timbangan Duduk Digital,Timbangan Laundry,Timbangan Sapi,Timbangan Nagata,Timbangan Cahaya Adil,Timbangan Allegra,Timbangan Quattro,Timbangan Adam,Timbangan Analitik,Timbangan Chq,Timbangan Matrix,Timbangan Salter,Timbangan Pocket,Timbangan Manual,Timbangan Gantung Manual,Timbangan Gantung Manual

Khadijah Al-Ifra

Pecinta Bunga

Chasing Destino

I'll be outside of the mosh pit . . . waiting with bandaids and kleenex . . . I can also work magic with an ace bandage. Just sayin' . . .

Syafni's Blog

Mari Berbagi

Rumah Puisi Beni Guntarman

Puisi itu indah. Nikmati keindahannya!

Wo Shi ShaB

Writer in the making

Pojok Darsono

COKLAT CINTA

I love cianjur

ane suk4 sama kota cianjur

Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

danirachmat

duit dan hidup diobrolin santai

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

%d blogger menyukai ini: