Ramadhan sebentar lagi


Satu tahun itu cepat sekali berlalu ya, besok juni udah Ramadhan aja,, alhamdulillah,, masih bisa menemui ramadhan lagi, Juli udah lebaran aja,, Ramadhan tahun lalu masih banyak banget kurang nya,, bahkan minus,, masih banyak mementingkan dunia,, padahal bulan yang penuh rahmat dan ampunan itu kan paling tidak setahun datang satu kali.

Meski terasa sangat cepat berlalu, tapi aku sudah merindu lagi suasana ramadhan untuk tahun ini, semoga aku bisa menemuinya bulan Juni ini, walau tinggal hitungan bulan kalau umur ku tak sampai ya mau dikata apa,, semoga yaa,,

Jadi teringat masa-masa muda ku (cie,,, sekarang udah tua ? ) sholat di masjid kampungku dulu,, walau ktp ku udah kota lain,, tapi hati dan jiwa ku masih melayang layang di desaku,, desa Plarangan di sebuah kota yang terkenal dengan sarang burung walet nya yaitu Kebumen, masuk Jawa Tengah ya,,bisa kok di cek di peta,,, iya,,,, ini bisa di cek di google map juga,,, hahahah bukan kota pedalaman ya ini. Kota yang terkenal dengan sate nya juga,, sate ambal,, di lengkapi dengan tempe mendoan yang lebarnya ampun,, bisa buat alasย  piringnya sate gitu.. Kota ini berbahasa ngapak,, yang mungkin tidak asing dengan kata ‘nyong’ yang artinya ‘aku’ , ‘madhang’ yang artinya ‘makan’,, kalau kalian2ย  masih asing juga dengan bahasa ini,, maka mampirlah, hihihi logatnya mungkin hampir mirip dengan nada bicara orang thailand ya, ๐Ÿ˜†

Back to topic ramadhan di kampungku ya. Selain sholat tarawih,, aku juga rindu ngabuburit di alun alun karanganyar,, (ini Kecamatan nya) . Dulu ada penjual wedang ronde dan tempe mendoan luebar yang sambelnya uenak sekali,, .jualnya pake gerobag macam angkringan gitu. Jam 3 sore udah ngantri bingit,, jadi musti dateng gasik, tapi kalo buat buka puasa ya udah dingin ye. Sekarang gerobagnya udah di ganti jadi warung,, gag jauh dari tempat jualnya sekarang.

Dulu juga, simbah punya pohon cincau sendiri di pekarangan belakang rumah, kalo lagi pengen es buat buka ya tinggal petik sendiri,, bikin sendiri,, di remes2 pake tangan (cuci bersih ya tangannya) sampe ijo pekat trus di diamkan sampe mengental kayak agar agar. tinggal bikin larutan gula merah atau gula jawa, dan biar gurih lagi tambahin santan,, sesuatu yang tidak bisa di lakukan sekarang ini, di kota gag ada pekarangan,, tetangga gag ada yang punya pohon cincau,, hahaha cari2 aja tuh sesuatu yang kagak ada.

Kalau bosan ngabuburit di alun alun,, dan kadang bareng temen sekolah di rumah makan mana gitu, ada alternatif lain yang tak kalah menyenangkan, ngabuburit di sawah,,, hihi,, gag jauh dari rumah simbah ada banyak pematang sawah,, ya maklum di kampung,, tapi ini juga yang tidak ku temukan sekarang, yang keluar rumah aja dah nemu polusi kendaraan. Sambil duduk di pematang sawah di bawah pohon kelapa, musti hati hati ya kepalanya takut kejatuhan batok (kelapa kering) :mrgreen: , lalu semilir angin sore yang sepoi sepoi,,, pemandangan sawah yang terhampar luas indahnya bukan main apalagi kalau hampir musim panen dimana padi menguning dan merunduk. Ini kalau di tambah musik melow jadilah vidoe clipย  apalah apalah,, haha ๐Ÿ˜† .

mentari-pagi-sawah

pict by pendoasion

Dulu mungkin sampai sekarang di kampung yang kental dengan kegotong royongan, di hari pertama lebaran warga di masing2 rumah diwajibkan membuat (kalau tidak lupa) 6 bungkus nasi kardus yang nantinya di kumpulkan di masjid dan sebagian di kumpulin per RT untuk kemudian di bagi bagikan lagi,,, ya kayak tukar makanan gitu,, nanti pulang sholat ied,, para bapak2 akan bawa bungkusang makanan yang di buat orang lain, nanti bagi yang kurang mampu cukup dapet aja gag diwajibkan membuat. Kalau masa sekarang lebaran hari pertama aku di tempat suami, baru hari kedua ke kampung Kebumen. Di tempat ku sekarang gag ada macam tu,, dulu malam takbiran simbah dah sibuk masak2 buat acara lebaran hari pertama itu, sekarang ya paling liat takbiran aja keliling di kota.

Rinduuu serindu rindunya menghabiskan ramadhan di kampung halaman,, ๐Ÿ˜ฅ

Semoga tahun ini aku bisa menghabisakan hari hari Ramadhan dengan lebih baik,, jauh lebih baik lagi dari tahun lalu…

Yuk kita siapkan diri dari sekarang juga,, siapkan fisik, mental,, terutama hati..

Iklan

8 komentar

  1. Amieen semoga kita semua masih bisa di pertemukan bulan yang penuh berkah, bulan ramadhan di tahun 2015 ini ya mba ๐Ÿ™‚ semoga ramadhan tahun ini akan lebih baik untuk kita ..

    1. amiiin amin mba syifna ๐Ÿ˜€

  2. Aku dulu tanam pohon cincao.., gampang buat cincao ya, sering buat untuk ngadem pas hari panas

    1. heeh gampang,, kayak lagi mainan pasar pasaran aja waktu kecil,, hihi :mrgreen: padahal buat di makan beneran

  3. ahh tulisan ini mengingatkan hutang puasa hehe

    1. heheheh betewe,,, eke juga belum lunas :mrgreen:

  4. Aku pernah tuh bun makan sate di alun-alun. Nggak tau namanya sate apa tapi pakainya ketupat gitu bukan lontong. Enak banget satenya hehe

    1. namanya mungkin sate ayam hiihihihi,,, dah coba tempe mendoan guede #eh lebar nya belom nih? uenak loh,, cocol sambel waktu masih anget,,,

Di tunggu komennya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

PastiPanji

Panji Prabowo Weblog - Ide dan Pemikiran

Rafid Family

Everyday Is A Wonderful Life

Tokyobling's Blog

Tokyo in Photos

Timbangan Salter Dunia Timbangan

DUNIA TIMBANGAN,081280780615,081291999252,men Jual Timbangan Salter,Harga Timbangan Salter 5 Kg,10 Kg,25 Kg,50 Kg,100 Kg,Timbangan Salter,Timbangan Gantung Salter,Timbangan Salter 5 Kg,10 Kg,25 Kg,50 Kg,100 Kg,Harga Timbangan Duduk,Harga Timbangan Nagata,Harga Timbangan Analitik,Harga Timbangan Digital,Harga Timbangan Manual,Harga Timbangan Duduk Digital,Harga Timbangan Mekanik,Harga Timbangan Buah Digital,Harga Timbangan Duduk Digital,Harga Timbangan Gantung Digital,Harga Timbangan Gantung,Harga Timbangan Sapi,Harga Timbangan Laundry,Harga Timbangan,Timbangan Duduk,Timbangan Digital,Timbangan Mekanik, Timbangan Duduk Digital,Timbangan Laundry,Timbangan Sapi,Timbangan Nagata,Timbangan Cahaya Adil,Timbangan Allegra,Timbangan Quattro,Timbangan Adam,Timbangan Analitik,Timbangan Chq,Timbangan Matrix,Timbangan Salter,Timbangan Pocket,Timbangan Manual,Timbangan Gantung Manual,Timbangan Gantung Manual

Khadijah Al-Ifra

Pecinta Bunga

Chasing Destino

I'll be outside of the mosh pit . . . waiting with bandaids and kleenex . . . I can also work magic with an ace bandage. Just sayin' . . .

Syafni's Blog

Mari Berbagi

Rumah Puisi Beni Guntarman

Puisi itu indah. Nikmati keindahannya!

Wo Shi ShaB

Writer in the making

Pojok Darsono

COKLAT CINTA

I love cianjur

ane suk4 sama kota cianjur

Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

danirachmat

duit dan hidup diobrolin santai

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

%d blogger menyukai ini: