Sesuatu yang Dalam


Pernahkah kalian berpikir betapa dalamnya arti Sholat? Mungkin sederhana saja, pernahkah kita mendalami arti doa dalam duduk diantara dua sujud? mungkin pernah ya, tapi kalau bagi orang yang imannya seperti diriku ini yang masih sangat amat butuh siraman air rohani setiap saat, sholat kadang hanya gerakan semata, hanya lelah aja. Pikiran kemana-mana, entah mikir sambel korek takut ada yang makan, mikir ‘uang yang tadi dibalanjain kemana yah?kok tingal seribu di dompet?’ (pengalaman ku banget nih). Padahal Sholat itu adalah ‘diskusi’, ‘pertemuan’, ‘tanggungjawab’, ‘pasrah’, ‘renungan’, ‘evaluasi’. Bacalah arti bacaan dalam duduk diantara dua sujud yang sudah kita hapal diluar kepala (bahasa Arabnya), atau mungkin bahasa terjemahannya juga kita hapal, tapi hati tak bisa mendalaminya.

Rabbighfirli (Tuhanku, ampuni aku)

Warhamni (Sayangilah aku)

Wajburnii (Tutuplah aib-aib ku)

Warfa’nii (Angkatlah Derajatku)

Warzuqnii (Berilah aku rezeki)

Wahdinii (Berilah aku petunjuk)

Wa’aafinii (Sehatkanlah aku)

Wa’fuannii (Maafkanlah aku)

Kalau kita mendalaminya dengan hati pastilah hati ini akan tenang dan mungkin air mata mengalir (bukan karna lagi ngiris bawang merah). ‘Sayangilah aku’, siapa lagi harapan kita disaat orang-orang disekitar kita tak peduli dan tak menyayangi sepenuh hati?. ‘Tutuplah aibku’, Jika Allah minginginkannya, maka bagai membalikkan telapak tangan, semua orang akan tau aib kita, namun kadang kita lupa dan tak jarang kita membuka aib orang lain, maka Allah lah yang akan membukakan aib kita pada oran lain. ‘Angkatlah derajatku’, derajat tak berarti harta yang melimpah dan jabatan yang tinggi serta gelar yang berderet bak kereta mainan. ‘Berilah aku rezeki’, orang yang jelas-jelas kafir pun masih tercukupi kebutuhannya untuk hidup, betapa pemurah Allah, Tuhan semsta alam. ‘Sehatkanlah aku’, nikmat sehat adalah nikmat yang senikmat-nikmatnya, walau kita banyak harta tapi jika nikmat sehat tak ada, apa enaknya?. ‘Maafkanlah aku’, Jika kita mendalami kata-kata ini, menginget dosa2 besar yang kita lakukan, kekhilafan yang kita perbuat, terlalu banyak, walau dosa kita sebanyak buih dilautan, namun ampunan Allah sebesar jagat raya alam semesta ini.

Iklan

15 komentar

  1. Itu Sholat semacam obat penenang bebas efek samping.

    1. Javanesia · · Balas

      hihihi ho’oh,, cuman jungkat jungkit yang penting dah sholat gitu

  2. Manusia tempatnya berbuat kesalahan, sholat yang diharapkan sebagai salah satu jalan penghapus dosa pun masih sulit untuk khusuk berkomunikasi pada Allah, padahal nikmat apa yang kurang dariNya? Semoga kita selalu diingatkan untuk menjadi manusia yang selalu bersyukur dan semakin menyempurnakan sholat. *postingan yang nyentil bgt.. Aku sholat jg masih suka mikirnya kesana sini… Gk konsen… *pheww

    1. Javanesia · · Balas

      bahkan kalau diriku tuh saking gag konsennya ampe lupa ni sholat dah brapa raka’at πŸ˜•

      1. Sama… Kdg aku jg gitu hiks

  3. Makasih Sharing ya Bun πŸ™‚

    1. Bunda Dewi · · Balas

      sami sami,,,, πŸ˜€

  4. Terimakasih mengingatkan kita semua.
    Memang terasa aneh, kalo membaca bagian do’a tersebut, gerakan sholat dan bacaannya cepat seperti ada yang ngejar-ngejar.

    1. Bunda Dewi · · Balas

      karna pengen cepet ke belakang pak (pengalaman banget) hihi :mrgreen:

  5. terimakasih bunda….iya pas sholat baca bagian ini rasanya makjleebb banget…

    1. Bunda Dewi · · Balas

      makjleb mgoo ,bak? hihi :mrgreen:

  6. speechless… terkadang sering buat bacaan ini jadi dp bbm, tp sampai sekarang sholatnya masih gk sempurna

    1. Bunda Dewi · · Balas

      mari kita sempurnakan! semangat πŸ˜†

  7. Jazakillah khoir bund untuk tulisannya… nyentil banget berasa di kuping dan hati ^^

    1. Bunda Dewi · · Balas

      Waiyakum bund,,, ini juga sentilan untuk diri sendiri bund πŸ˜€

Di tunggu komennya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

PastiPanji

Panji Prabowo Weblog - Ide dan Pemikiran

myelectricaldiary.wordpress.com/

Everyday Is A Wonderful Life

Tokyobling's Blog

Tokyo in Photos

Timbangan Salter Dunia Timbangan

DUNIA TIMBANGAN,081280780615,081291999252,men Jual Timbangan Salter,Harga Timbangan Salter 5 Kg,10 Kg,25 Kg,50 Kg,100 Kg,Timbangan Salter,Timbangan Gantung Salter,Timbangan Salter 5 Kg,10 Kg,25 Kg,50 Kg,100 Kg,Harga Timbangan Duduk,Harga Timbangan Nagata,Harga Timbangan Analitik,Harga Timbangan Digital,Harga Timbangan Manual,Harga Timbangan Duduk Digital,Harga Timbangan Mekanik,Harga Timbangan Buah Digital,Harga Timbangan Duduk Digital,Harga Timbangan Gantung Digital,Harga Timbangan Gantung,Harga Timbangan Sapi,Harga Timbangan Laundry,Harga Timbangan,Timbangan Duduk,Timbangan Digital,Timbangan Mekanik, Timbangan Duduk Digital,Timbangan Laundry,Timbangan Sapi,Timbangan Nagata,Timbangan Cahaya Adil,Timbangan Allegra,Timbangan Quattro,Timbangan Adam,Timbangan Analitik,Timbangan Chq,Timbangan Matrix,Timbangan Salter,Timbangan Pocket,Timbangan Manual,Timbangan Gantung Manual,Timbangan Gantung Manual

Khadijah Al-Ifra

Pecinta Bunga

Chasing Destino

I'll be outside of the mosh pit . . . waiting with bandaids and kleenex . . . I can also work magic with an ace bandage. Just sayin' . . .

Syafni's Blog

Mari Berbagi

Rumah Puisi Beni Guntarman

Puisi itu indah. Nikmati keindahannya!

Wo Shi ShaB

Writer in the making

Pojok Darsono

COKLAT CINTA

I love cianjur

ane suk4 sama kota cianjur

Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Traveller

danirachmat

duit dan hidup diobrolin santai

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

%d blogger menyukai ini: