Mitos Jawa dari Simbah


Pagi ini aku setengah tertawa mbaca sms dari mom, tiba-tiba tanpa angin halilintar yang cetar membahana, beliau mengabarkan kalau aku harus belikan simbah kain atau baju,

Why?

Karena si Abbad lahir, secara otomatis kagak usah di woro-woro juga tau kalau Abbad harus panggil simbahku dengan sebutan mbah buyut.

Terus apa hubunannya sama kain dan baju?

HUbungannya si baik-baik saja,,, :mrgreen: , Kalok menurut adat Jawa (entah aku juga kurang ngerti), bagi orang yang udah punya jabatan mbah buyut harus di belikan kain atau baju sama orang tua si bayi, katanya si biar gag ‘buyuten'(pernah denger kan ya?)

What the meaning of “Buyuten” ?

Kalok menurut kamus bahasa Jawa yang kulihat, buyuten adalah semacam bagian tubuh yang bergerak-gerak karna ketakutan, kalok yang umum si bagian kaki atau tangan aja ya,, (kalok yang gerak telinga kan bisa masuk tipi tuh) πŸ˜†

Hehe kalok masalah beliin simbah baju atau kain si well -well aja,,, tapi mitos nya itu loh,,,hihihi simbah simbah itu banyak banget dah aturannya, gag cuma masalah buyutannya nih pemirsa, mitos Jawa (simbah) bilang tuh, kalok punya anak Cowok, si emak nya gag boleh makan di atas 4 sore (waduuuuh bisa kena kelaparan akut si emak gawul ini). Mitos lain adalah harus sedia sesajen nasi, sayur, cabe, bawang, kopi, teh (bah dah kayak warung aja) dikamar, mending kalok cuma sekali,, itu harus tiap hari ganti buuu hihihihi :mrgreen: . Kalok mitos yang surung benda dari besi, misal gunting, atau pemotong kuku waktu mengandung atau punya bayi pasti dah banyakΒ  yang denger ya, katanya si makhluk-makhluk yang tak tampak mata itu (bukan amoeba loh ya) takut sama gitu-gitu an benda dari besi.

mitos

Si Abbad sama si mbah buyut nih…..

Sebagian mitos-mitos Jawa yang ada si masih bisa dinalar, tapi sebagian menurutku berlebihan, seperti sesaji itu, aku tak akan melakukan hal itu karna dalam Islam tidak ada aturannya. Semua si balik ke diri masing2 aja, kalok masalah kain si tak turutin aja, karna kan jaga perasaan simbah πŸ˜› , tapi bukan berarti aku percaya seratus 100% sama mitos-mitos itu. Kalok menurut kalian gimana tuh masalah mitos-mitos Jawa yang semerbak dimana-mana?

Iklan

16 komentar

  1. wah ternyata mitos dari mbahku masih mendingan. hehe..
    mampir juga di blogku ya mbak2 n mas2.. http://www.blogtaufikunik.blogspot.com
    tolong kasih masukan juga ya…

    1. hihihihi masih mendingan kayak gimana nih? makasih ya dah mampir,,, πŸ˜€

  2. Sekedar menyenangkan orang tua, manut sama mitos itu juga gak papa, yg penting gak meyakininya sbg suatu kebenaran. Ya buat seru-seruan aja πŸ™‚

    1. Bunda Dewi · · Balas

      betul ntu pak,, πŸ˜€

    2. maaf mas Iwan, menurut yang saya tau, mengingatkan itu lebih baik daripada cuma menuruti. sebab agama akan rusak tanpa amar ma’ruf nahi mungkar, :>
      betul? :>

  3. baru tau aku ada yg begituan

    1. Bunda Dewi · · Balas

      lah rata2 pada gag tau yak hihi gnerasi selanjutnya

  4. Di tempatku juga begitu Mbak…dulu waktu simbah masih sugeng, kita2 juga nurutin mitos itu, tapi sekarang enggak lagi πŸ™‚

    1. Bunda Dewi · · Balas

      hihihihihihi gedek-gedek kaki

  5. Ely Meyer · · Balas

    Aku malah baru tahu mbak ttg simbah buyut yg harus dibelikan kain ini πŸ™‚

    1. Bunda Dewi · · Balas

      hahahaha apalagi aku mbak :mrgreen:

      1. Ely Meyer · · Balas

        kalau gitu toss dulu dong πŸ˜›

        1. Bunda Dewi · ·

          mari bersulang (aqua aja yak) πŸ˜†

        2. Ely Meyer · ·

          jus jeruk bgmn ? πŸ™‚

        3. Bunda Dewi · ·

          aku jus alpukat aja lah mba. makan nya apa nih? (lah malah kayak di resto)

        4. Ely Meyer · ·

          hahahahhaha …. resto maya kali ya πŸ˜›

Di tunggu komennya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

PastiPanji

Panji Prabowo Weblog - Ide dan Pemikiran

myelectricaldiary.wordpress.com/

Everyday Is A Wonderful Life

Tokyobling's Blog

Tokyo in Photos

Timbangan Salter Dunia Timbangan

DUNIA TIMBANGAN,081280780615,081291999252,men Jual Timbangan Salter,Harga Timbangan Salter 5 Kg,10 Kg,25 Kg,50 Kg,100 Kg,Timbangan Salter,Timbangan Gantung Salter,Timbangan Salter 5 Kg,10 Kg,25 Kg,50 Kg,100 Kg,Harga Timbangan Duduk,Harga Timbangan Nagata,Harga Timbangan Analitik,Harga Timbangan Digital,Harga Timbangan Manual,Harga Timbangan Duduk Digital,Harga Timbangan Mekanik,Harga Timbangan Buah Digital,Harga Timbangan Duduk Digital,Harga Timbangan Gantung Digital,Harga Timbangan Gantung,Harga Timbangan Sapi,Harga Timbangan Laundry,Harga Timbangan,Timbangan Duduk,Timbangan Digital,Timbangan Mekanik, Timbangan Duduk Digital,Timbangan Laundry,Timbangan Sapi,Timbangan Nagata,Timbangan Cahaya Adil,Timbangan Allegra,Timbangan Quattro,Timbangan Adam,Timbangan Analitik,Timbangan Chq,Timbangan Matrix,Timbangan Salter,Timbangan Pocket,Timbangan Manual,Timbangan Gantung Manual,Timbangan Gantung Manual

Khadijah Al-Ifra

Pecinta Bunga

Chasing Destino

I'll be outside of the mosh pit . . . waiting with bandaids and kleenex . . . I can also work magic with an ace bandage. Just sayin' . . .

Syafni's Blog

Mari Berbagi

Rumah Puisi Beni Guntarman

Puisi itu indah. Nikmati keindahannya!

Wo Shi ShaB

Writer in the making

Pojok Darsono

COKLAT CINTA

I love cianjur

ane suk4 sama kota cianjur

Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Traveller

danirachmat

duit dan hidup diobrolin santai

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

%d blogger menyukai ini: