Menghindari Hipertensi / Darah Tinggi


Pagi ini adalah hari ketiga suamiku gag masuk kerja karna sakit kepala, 😯 Hari Senin pagi ngeluh kepalanya sakit banget, lalu berbondonglah keluarga yang sakinah mawadah warahmah ini (ciee) :mrgreen: ke puskesmas terdekat, karna hari itu adalah hari Senin, antrinya buuuuuuu…… 😆 ampe kesemutan nih rambut, padahal udah dateng awal loh (menurut jam nya bunda gawuul :P). Sambil nunggu nama di panggil di pendaftaran, sambil liat2 skeliling, sambil berdiri pula karna saking penuhnya puskesmas pagi itu. setelah hampir satu jam berdiri, akhirnya nama suamiku dipanggil juga huuft lega (udah telat kerja nih akunya), tinggal tunggu dipanggil periksa duweh.

Gag terlalu lama nunggu dipanggil periksa, sekitar 10 menit sudah dipanggil. Langkah pertama kalo periksa si ya di ukur tekanan darahnya, bener juga to yang kuduga, tekanan darahnya naik lagi -_-” , aliasnya hipertensi, well,,, aku tau kenapa kambuh pusingnya,,, karna dibilangin jangan merokok itu suuuliiiit.

Hipertensi (HTN) atau tekanan darah tinggi, kadang-kadang disebut juga dengan hipertensi arteri, adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. Tekanan darah melibatkan dua pengukuran, sistolik dan diastolik, tergantung apakah otot jantung berkontraksi (sistole) atau berelaksasi di antara denyut (diastole). Tekanan darah normal pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik (bacaan atas) 100–140 mmHg dan diastolik (bacaan bawah) 60–90 mmHg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmHg atau lebih.

Gimana sih menghindari darah tinggi?

Di puskesmas yang kami kunjungi ada banner gede berjudulkan ‘Bahaya Hipertensi’, adapun cara mencegah biar gag kambuhan:

  • Berhenti merokok

kebiasaan merokok yang terus dilanjutkan ketika memiliki tekanan darah tinggi, merupakan kombinasi yang sangat berbahaya yang akan memicu penyakit-penyakit yang berkaitan dengan jantung dan darah. Di bungkusnya aja ada peringatannya kan? kurang gede kayaknya. Merokok dapat menyebabkan Stroke, serangan jantung, gangguan janin dan bla bla bla,,, kalo suamiku dibilangin tuh ada aja alasannya “itu kan kalo merokok dapat, kalo merokoknya beli kan jadi gag berlaku tuh tulisan” atau gag ” kalo berhenti merokok nanti mengurangi devisa negara loh” 👿

  • Hindari Stres

Biasanya bagi hipertensi itu diderita sama masyarakat perkotaan yang sibuk dengan pekerjaan kantor dan hiruk pikuknya kota besar dengan lalu lalang kendaraan dan asap dimana-mana, bolehlah sesekali refresh mencari tempat yang sejuk dan sedikit sepi untuk menenangkan pikiran dan memanjakan mata melihat pepohonan.

  • Jaga Pola Makan

Darah tinggi juga sering menghampiri Orang yang memiliki berat badan di atas 30 persen berat badan ideal, ( seperti suamiku :mrgreen: ), kalo gag dijaga pola makannya bisa memicu penyakit-penyakit lain datang seprti Stroke, jantung, diabetes dan penyakit2 yang biayanya mahal-mahal dan tidak cukup dengan obat yang dibeli ngecer diwarung. 😆

  • HIndari Minuman Keras!

Minuman keras itu bukan es batu loh ya 😆 , alkohol yang terdapat pada miras dapat memicu darah tinggi temand-temand. Al-qur’an pun melarang meminum minuman berakohol karna akibat buruknya lebih banyak di banding manfaatnya.

  • Kurangi Garam ya

Faktor ini bisa dikendalikan. Pada beberapa orang, khususnya bagi penderita diabetes, penderita hipertensi ringan, orang dengan usia tua, dan mereka yang berkulit hitam, garam dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat. Untuk itu, bagi penderita-penderita tersebut diharapkan tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung garam.

  • Ayo Olahraga

Bagi orang yang sibuk dengan pekerjaan dikantor, yang harinya gelap terus, (gimana gag gelap kalo berangkat subuh nyampe ruangan, pulangnya dah malem :l ) gag berarti gag bisa olahraga ya,, dikantor bisa dimanfaatkan untuk berolahraga loh, misalnya kalo ke kantin tuh cari jalannya yang jauh sekalian biar jalannya agak lama 8) , atau kalo mau baik hati sekalian tuh bikinin kopi temen-temennya dikantor (biar mondar-mandir nganterin kopi dari meja satu ke yang lain gitu) 😆 . Atau simple nya lagi hari minggu dah sempetin tuh lari-lari muter lapangan sepuluh kali, tapi jangan muterin lapangan semut ya.

  • Kalo bisa jangan Begadang

Kata Bang Roma kan gitu tuh, #begadang jangan begadang…kalau tiada artinya…. begadang boleh saja,,,,kalau ada duiiitnya :roll:, loh???

Hipertensi itu bukanlah penyakit yang gag  bisa disembuhkan, tapi Kalian sendiri yang dapat mencegah dan mengendalikan penyakit tersebut,, waspadalah ! waspadalah ! 😉

Salam JOS (Jaya Oke Siiip..)

Iklan

5 komentar

  1. hindari rokok? oh…nok…. 😦
    saya sangat tidak bisa lepas dari rokok… 😦

    1. hihihihi lah itu, rokok bagai candu ya,,katanya,,, cinta negara ya, jadi gag ngurangin devisa,,hihi

      1. jiah…. hahaha
        bener2. kalo bunda cinta negara. ayok rokok bareng2 biar nambah devisa negara. xixixixixixxixi
        bunda ada2 aja nie. xixi

  2. Berhenti merokok : enggak ngerokok jadi aman
    Hindari Stres :ga pernah stress hidup mah untuk di nikmati
    Jaga Pola Makan : agak sulit maklum anak kos
    HIndari Minuman Keras! : sering makan di restoran jepang dan di sana minumannya ada yang enak, ya ampun. Eh anggur merah punya manfaat juga kok.
    Kurangi Garam ya : enggak masak sendiri jadi ya ga tau garamnya seberapa, yang penting mah bukan gudang garam
    Ayo Olahraga : Olahraga jari sama otak doang yang keseringan. mata ngelihat layar komputer terus kayaknya juga olahraga
    Kalo bisa jangan Begadang : susah ini, apalagi kalo lagi ngoding

    Ya ampun semoga sehat selalu

    1. hahahaha yo kajenge njenengan mawon mas,,, apa saja boleh, semoga sehat selalu dah, 😆

Di tunggu komennya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

PastiPanji

Panji Prabowo Weblog - Ide dan Pemikiran

Rafid Family

Everyday Is A Wonderful Life

Tokyobling's Blog

Tokyo in Photos

Timbangan Salter Dunia Timbangan

DUNIA TIMBANGAN,081280780615,081291999252,men Jual Timbangan Salter,Harga Timbangan Salter 5 Kg,10 Kg,25 Kg,50 Kg,100 Kg,Timbangan Salter,Timbangan Gantung Salter,Timbangan Salter 5 Kg,10 Kg,25 Kg,50 Kg,100 Kg,Harga Timbangan Duduk,Harga Timbangan Nagata,Harga Timbangan Analitik,Harga Timbangan Digital,Harga Timbangan Manual,Harga Timbangan Duduk Digital,Harga Timbangan Mekanik,Harga Timbangan Buah Digital,Harga Timbangan Duduk Digital,Harga Timbangan Gantung Digital,Harga Timbangan Gantung,Harga Timbangan Sapi,Harga Timbangan Laundry,Harga Timbangan,Timbangan Duduk,Timbangan Digital,Timbangan Mekanik, Timbangan Duduk Digital,Timbangan Laundry,Timbangan Sapi,Timbangan Nagata,Timbangan Cahaya Adil,Timbangan Allegra,Timbangan Quattro,Timbangan Adam,Timbangan Analitik,Timbangan Chq,Timbangan Matrix,Timbangan Salter,Timbangan Pocket,Timbangan Manual,Timbangan Gantung Manual,Timbangan Gantung Manual

Khadijah Al-Ifra

Pecinta Bunga

Chasing Destino

I'll be outside of the mosh pit . . . waiting with bandaids and kleenex . . . I can also work magic with an ace bandage. Just sayin' . . .

Syafni's Blog

mari berbagi

Rumah Puisi Beni Guntarman

Puisi itu indah. Nikmati keindahannya!

Wo Shi ShaB

Writer in the making

Pojok Darsono

COKLAT CINTA

I love cianjur

ane suk4 sama kota cianjur

Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

danirachmat

duit dan hidup diobrolin santai

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

%d blogger menyukai ini: