Sekaten


What is Sekaten???

Sekaten itu adalah merupakan sesuatu yang bagaimana (halah gimana to ini kalimatnya -_- ). Yang ini beneran deh,,,,, :mrgreen:

Sekaten merupakan upacara peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW, dimulai dengan keluarnya gamelan pusaka milik Kraton Yogyakarta yaitu Kyai Nogowilogo dan Kyai Gunturmadu. Kedua perangkat gamelan ini diarak keluar dari Kraton menuju pagongan Masjid Agung untuk dibunyikan selama 7 hari berturut-turut.

Upacara keluarnya Gamelan ini diiringi denagn bregada prajurit Kraton beserta umborampe yan menyertainya. Sementara itu dipelataran masjid banyak dijumpai penjual makanan khas (dah ngiler tuh bayanginnya 🙄 😆 ) yang hanya ditemui selama perayaan sekaten seperti nasi gurih, telur merah dan daun sirih untuk nginang :mrgreen: . Hal ini dipercaya oleh masyarakat Yogyakarta bahwa dengan memakan daun sirih (nginang) sambil mendengarkan alunan musik gamelan akan menjadikan awet muda :oops:. Sedangkan Telur merah dan nasi gurih adalah simbol kemakmuran yang dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Nah,,, kalo denger kata sekatenan biasanya bayangan kita dah ke makanan dan pasar malemnya yang meriah dan mangkal lama di alun-alun utara. Banyak hiburan yang disediakan untuk para wisatawan lokal maupun manca yang nggumun, hihihi :mrgreen:, sayang anak, sayang Istri, sayang tetangga, 😆 😆

ImageImageImageImage

Iklan

2 komentar

  1. Ya! Sekaten bahkan menjadi daya tarik wisata juga….

    1. dewipoenya · · Balas

      Betul Betul Betul….. ! :mrgreen:

Di tunggu komennya....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

PastiPanji

Panji Prabowo Weblog - Ide dan Pemikiran

Rafid Family

Everyday Is A Wonderful Life

Tokyobling's Blog

Tokyo in Photos

Timbangan Salter Dunia Timbangan

DUNIA TIMBANGAN,081280780615,081291999252,men Jual Timbangan Salter,Harga Timbangan Salter 5 Kg,10 Kg,25 Kg,50 Kg,100 Kg,Timbangan Salter,Timbangan Gantung Salter,Timbangan Salter 5 Kg,10 Kg,25 Kg,50 Kg,100 Kg,Harga Timbangan Duduk,Harga Timbangan Nagata,Harga Timbangan Analitik,Harga Timbangan Digital,Harga Timbangan Manual,Harga Timbangan Duduk Digital,Harga Timbangan Mekanik,Harga Timbangan Buah Digital,Harga Timbangan Duduk Digital,Harga Timbangan Gantung Digital,Harga Timbangan Gantung,Harga Timbangan Sapi,Harga Timbangan Laundry,Harga Timbangan,Timbangan Duduk,Timbangan Digital,Timbangan Mekanik, Timbangan Duduk Digital,Timbangan Laundry,Timbangan Sapi,Timbangan Nagata,Timbangan Cahaya Adil,Timbangan Allegra,Timbangan Quattro,Timbangan Adam,Timbangan Analitik,Timbangan Chq,Timbangan Matrix,Timbangan Salter,Timbangan Pocket,Timbangan Manual,Timbangan Gantung Manual,Timbangan Gantung Manual

Khadijah Al-Ifra

Pecinta Bunga

Chasing Destino

I'll be outside of the mosh pit . . . waiting with bandaids and kleenex . . . I can also work magic with an ace bandage. Just sayin' . . .

Syafni's Blog

mari berbagi

Rumah Puisi Beni Guntarman

Puisi itu indah. Nikmati keindahannya!

Wo Shi ShaB

Writer in the making

Pojok Darsono

COKLAT CINTA

I love cianjur

ane suk4 sama kota cianjur

Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

danirachmat

duit dan hidup diobrolin santai

Winny's Personal Life

One Kind Word can change someone's entire day!!

%d blogger menyukai ini: